$50k to Sign Your Name: A Definitive Guide to Becoming a Mobile Signing Agent

$50k to Sign Your Name: A Definitive Guide to Becoming a Mobile Signing Agent

IPS jelaskan secara singkat tentang pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan pada awal terbentuknya NKRI​

jelaskan secara singkat tentang pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan pada awal terbentuknya NKRI​

Jawaban:

jelaskan secara singkat tentang pembentukan kekuatan pertahanan dan keamanan pada awal terbentuknya NKRI?...

Di antara persyaratan tersebut, syarat utama yang belum terpenuhi adalah struktur pemerintahan dan pengakuan dari negara lain.

Pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak mengundang secara resmi berbagai duta besar negara lain. Karena memang sebelum proklamasi pemerintahan yang ada adalah pemerintahan Jepang yang menjajah Indonesia.

Maka tugas pertama bangsa Indonesia adalah membentuk pemerintahan dan mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain.

Proses pemerintahan NKRI

Proses terbentuknya struktur pemerintahan NKRI adalah:Pada 18 Agustus 1945 PPKI melakukan sidang untuk membahas, mengambil keputusan dan mengesahkan Undang-undang Dasar (UUD). Rapat pertama diadakan di Pejambon (sekarang Gedung Pancasila).

Sidang pleno dibuka dipimpin Soekarno. Saat sidang ada revisi draf Pembukaan UUD di dalam Piagam Jakarta. Terjadi kelahiran rumusan teks Pancasila yang disahkan di sidang PPKI 18 Agustus 1945.

Saat itu juga dilakukan pemilihan presiden dan wakil presiden. Secara aklamasi terpilih Soekarno sebagai Presiden RI dan Moh Hatta sebagai Wakil Presiden RI.

Terbentuknya NKRI dan pemerintahan

Indonesia adalah bangsa yang baru merdeka pada 17 Agustus 1945. Saat proklamasi dibacakan, negara Indonesia belum terbentuk karena syarat kelengkapan negara belum semua terpenuhi.

#Belajar bersama Barinly

#Semoga membantu